Header Ads


Tips Gunakan AirBnb Pertama Kali

AirBnB semakin popular belakangan  ini, Airbnb merupakan  Layanan website secara online untuk  memudahkan pemilik dan penyewa penginapan untuk melakukan transaksi. Airbnb berasal dari kata B&B atau bed and breakfast.  Menginap dalam traveling  ala BnB pada umunya hanya  kamar kosong ekstra yang disewakan pemiliknya untuk menginap dalam jangka pendek, berikut layanan sarapan pagi.
Layanan di Airbnb, tidak hanya untuk kamar kosong yang disewakan, tapi bisa juga seluruh apartemen, studio atau bahkan rumah dan keperluan lain akomodasi. Mudahnya di  airbnb  bersifat  perorangan yang menyewakan kamar atau apartemen ekstra, bukan profesional seperti pemilik motel atau hotel.

Seberapa amankah menggunakan airbnb? Dari beberapa pengalaman, hampir semuanya menyatakan aman-aman saja. Anggota yang mendaftar di airbnb diverifikasi dengan berbagai macam identifikasi. Selain itu, pembayaran dilakukan dengan transaksi aman di websitenya, dana yang kita bayarkan akan dipegang oleh pihak airbnb, dan baru akan disampaikan ke pemilik penginapan setelah kita berhasil Check In di hari pertama.

Cara menggunakan  Airnb seperti berikut :

1. Mendaftar

Cara mendaftar menjadi anggota airbnb. Pertama, buka dulu website airbnb di sini. Lalu lakukan   sign up melalui tiga cara yaitu : facebook, akun gmail atau akun email lain. Paling gampang pilihan pertama. Dengan facebook, kita tidak perlu repot membuat nama akun dan password baru. Kita tinggal memasukkan email dan password facebook seperti biasa dan klik log in. Nantinya Facebook akan meminta kita menyetujui menghubungkan aplikasi  airbnb dengan akun facebook kita.
JIka yang belum punya facebook? Daftarlah dengan email. Nanti airbnb akan mengirim email verifikasi. Setelah kita klik tautan verifikasi, maka akun airbnb kita sudah jadi.

gunakan AirBnB
Jika semua sudah siap, tinggal log in,  Pada dashboard (panel muka) dari dropdown nama akun kita, akan muncul halaman selamat datang, termasuk bonus kredit yang didapat sebesar $25 kalau mendaftar lewat tautan seseorang yang sudah member sebelumnya.  Untuk mengubah bahasa dan mata uang, ada pilihan di pojok kiri bawah.

Setelah terdaftar, kita bisa langsung mencari-cari dan melihat penginapan yang tersedia. Airbnb ini bisa digunakan di seluruh dunia. Tapi, sebelumnya lebih baik lengkapi terlebih dahulu profil akun. Untuk menambah keamanan dan mencegah akun palsu, airbnb membuat macam-macam verifikasi. Antara lain dengan nomor ponsel, email, profil facebook dan linked in. Semakin banyak verifikasi kita, semakin dipercaya oleh anggota lain. Sebaiknya, akun facebook yang dijugakan juga nama asli. Kalau tidak ingin verifikasi sekarang, bisa dilakukan nanti ketika sudah siap memesan penginapan.

2. Mencari-cari penginapan

Bagian ini, tinggal  browsing dan memilih penginapan untuk rencana liburan anda nanti mulai sekarang, tidak ada salahnya melihat-lihat penginapan sekarang, sekalian untuk menghitung anggaran (budget). Sebelumnya pastikan anda sudah mendapat informasi / tahu negara/daerah yang hendak di tuju.

Untuk mencari penginapan, kita tinggal masukkan lokasi kota (misal: Singapore ), tanggal liburan (bisa dikosongkan atau diisi seadanya jika belum punya tanggal yang pasti), dan tempat menginap untuk berapa orang termasuk anak-anak dihitung.

Nanti akan muncul tampilan seperti ini (klik untuk memperbesar). Di sebelah kiri adalah peta lokasi, di sebelah kanan adalah listing atau daftar penginapan yang tersedia. Untuk mempersempit pencarian, gunakan filter atau saringan yang tersedia. Yang umum adalah kisaran harga. Batasi jumlah listing dengan harga sedikit di atas budget kita.  Kita bisa zoom di peta untuk melihat lebih jelas.
Pada Alamat yang ada di setiap listing belum alamat lengkap, sudah ada nama jalannya tapi belum ada nomornya. Setelah kita booking, baru kita diberi tahu alamat lengkapnya. Tapi melalui peta, kita sudah diberi ancer-ancer, penginapan tersebut ada di daerah mana.Filter lain boleh digunakan boleh tidak, tergantung kebutuhan kita.

Kalau tertarik pada suatu listing, tinggal klik saja untuk menampilkan profil properti tersebut. Di profil properti kita bisa melihat foto-foto ruangan dan fasilitas apa saja yang tersedia. Kita juga bisa melihat harga per malam, biaya kebersihan dan apakah tambahan orang (biasanya mulai orang ketiga) dikenakan biaya.

Jangan lupa untuk membaca  review tamu yang sudah  pernah menginap sebelumnya.


3. Memasukkan dalam wishlist

Kalau sudah menemukan penginapan yang cocok, segera saja masukkan ke wishlist. Caranya dengan meng-klik tanda hati yang ada profil properti. Jangan takut terlalu banyak membuat wishlist, karena nanti tidak semua properti yang kita taksir tersedia pada tanggal yang kita perlukan. Wishlist ini sangat berguna untuk membandingkan satu properti dengan lainnya.


4. Mengontak Host

Setelah menyortir pilihan penginapan dan mempunyai rencana yang jelas, saatnya melakukan aksi: mengontak host lewat layanan pesan dari website airbnb. Admin airbnb sendiri menyarankan kita mengontak host sebelum booking (memesan). Ini untuk memastikan ketersediaan penginapan di tanggal yang kita inginkan dan hal lainnya.

6. Bacalah seputar cancellation policy

7. Memesan (Booking)

Cara booking di airbnb sangat mudah. Setelah kita yakin dan bersedia membayar sesuai yang tertera, kita tinggal klik tombol Request to Book. Airbnb akan membawa kita ke halaman pembayaran.

Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit, kartu debit atau paypal. Perhatikan bahwa ada service fee yang dikenakan oleh airbnb (semacam pajak) sebesar 10%. Coupon atau travel credit (yang bisa didapat jika mendaftar melalui tautan ini) juga otomatis sudah dimasukkan. Nantinya, kartu kredit kita akan ditagih seusai mata uang negara yang akan kita kunjungi, setelah tuan rumah menerima pesanan kita.

JIka menggunakan kartu kredit, cara untuk memasukkan nomor kartu yang digunakan untuk membayar :
  • klik account setting >> payment methods >> add payment methods >> 
  • Masukkan nomor kartu dan data lainnya >> klik Add Card. 
  • Kartu kredit yang diterima untuk pembayaran adalah visa, mastercard, amex dan discover. Kalau tidak punya kartu kredit, bisa pinjam punya orang lain. 
8. Menerima Kwitansi dan Petunjuk

Begitu host menerima pesanan kita, airbnb akan mengirimkan itinerary dan kwitansi via email, yang bisa digunakan untuk mengajukan visa.  Perhatikan bahwa di itinerary jelas tertulis tempat penginapan dan untuk berapa orang.  Ini harus ditunjukkan ketika mencari visa bahwa akomodasi untuk setiap anggota keluarga sudah terjamin.

Selain itinerary, seharusnya sudah mendapatkan alamat lengkap dan nomor telepon tuan rumah, sekaligus cara untuk mendapatkan kunci dan lainnya. Sebelum tanggal kita menginap, kita tetap bisa mengontak tuan rumah via telepon atau message di akun airbnb-nya.


Setelah booking kita beres, airbnb akan menawari kita untuk memberi tahu calon host yang lain, yang tadinya kita kontak untuk menanyakan ketersediaan penginapan mereka.

9. Menulis review

Setelah check out dari apartemen, sebaiknya anda  menulis review, pengalaman anda seputar liburan menggunakan airbnb maupun tempat / akomodasi selam anda menginap saat liburan.

10. Jika terjadi masalah antara anda dan host,  hubungilah segera  AirBnB Customer Service

incoming search : mudahnya traveling dengan Airbnb, Tips memakai AirBnb, yang perlu diperhatikan dengan AirBnb, aturan AirBnb, keuntungan AirBnb,

No comments:

Powered by Blogger.