Header Ads

Pasang Kawat Gigi, Kebutuhan atau Keinginan?

Sudah pasti tidak asing dengan kawat gigi, atau bahkan mungkin sobat sendiri sedang memakai kawat gigi?  Pada saat sekarang ini sangat lazim ditemui di sekitar kita, terutama muda mudi yang memakai kawat gigi.



Sejak awal penemuannya sampai sekarang, pemakaian kawat gigi bertujuan untuk mengembalikan fungsi fisiologis dan estetika dari gigi itu sendiri. Fungsi fisiologis gigi meliputi beberapa hal, antara lain pengunyahan, fonasi (pengucapan), dan menjaga hubungan rahang atas dan bawah (terutama menyangkut posisi sendi rahang).

Fungsi estetika tentu saja berkaitan dengan penampilan, gigi yang rapi akan mendatangkan kepercayaan diri bagi yang memilikinya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa akhir-akhir ini banyak pemakai kawat gigi tidak memahami fungsi kawat gigi. Kebanyakan dari mereka justru menonjolkan kawat gigi sebagai hal yang mendatangkan estetika itu sendiri. Ironisnya, banyak dari mereka memiliki susunan gigi yang baik dan sebenarnya tidak memerlukan perawatan. Bahkan dalam beberapa kasus ada diantara mereka yang mempertaruhkan kesehatan gigi mereka dengan menggunakan jasa pemasangan kawat gigi yang tidak resmi, sehingga banyak bermunculan kasus kesehatan gigi dan mulut diakibatkan pemakaian kawat gigi yang tidak sesuai.

Konsekuensi dari pemakaian kawat gigi adalah sulitnya melakukan pembersihan seperti biasa. Timbulnya karang gigi dan bau mulut pada pemakai kawat gigi dapat terjadi. Penjelasan mengenai tata cara pembersihan, alat dan bahan yang diperlukan, serta resiko yang dapat timbul bila daerah gigi dan mulut tidak higienis hanya bisa diperoleh dari seorang dokter gigi yang memang mengerti akan hal itu. Penanganan akibat masalah yang timbul akibat pemakaian kawat gigi juga hanya dapat dilakukan seorang profesional.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kawat gigi, ada baiknya dipertimbangkan lagi dengan matang, apakah hal tersebut memang diperlukan atau hanya keinginan semata. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, terutama dengan spesialis orthodonsi, dan biarkan para profesional yang memutuskan.

Sumber : http://www.doktergigi.web.id;  gambar: media.dinomarket.com
Searches related to Pasang Kawat Gigi, Kebutuhan atau Keinginan? harga kawat gigi
kawat gigi transparan jenis kawat gigi harga kawat gigi 2015 ,kawat gigi lepas pasang, kawat gigi damon
behel gigi menurut islam,kawat gigi keramik

No comments:

Powered by Blogger.