Header Ads


Gerhana Matahari Total 2016 akan terjadi di 12 Daerah Indonesia, ini dia daerahnya

Pemerintah, masyarakat, peneliti dan turis mulai bersiap menyambut peristiwa langka Gerhana Matahari Total (GMT), fenomena langka ini akan terjadi pada 09 Maret 2016, istimewanya  lagi GMT hanya tampak atau melintas di 12 daerah di Indonesia.

Daerah yang akan jalur GMT ini membentang selebar 155-160 kilometer dan terentang sejauh 1.200-1.300 kilometer, yang kali ini melintasi 12 daerah  di Indonesia antara lain   Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

Gerhana matahari total (GMT) di Indonesia akan tampak sekitar 1,5-3 menit, Di pusat jalur gerhana, gerhana total terpendek terjadi di Seai, Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat, selama 1 menit 54 detik dan terpanjang di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, selama 3 menit 17 detik.
Totalitas gerhana terlama terjadi di satu titik di atas Samudra Pasifik di utara Papua Niugini selama 4 menit 9 detik.

Saat terjadi GMT, piringan Matahari akan tertutup penuh oleh piringan Bulan dan hanya menyisakan cahaya korona atau bagian atas atmosfer Matahari. Saat itu hari yang terang akan berubah seperti senja untuk sesaat.

Untuk daerah di luar daerah yang dilintasi jalur totalitas gerhana akan mengalami gerhana matahari sebagian (GMS). Daerah yang mengalami GMS akan melihat Matahari berbentuk sabit. GMS ini akan terjadi hampir di Seluruh wilayah Indonesia.

incoming post : cara melihat gerhana matahari total, tips melihat gerhana matahari total, mitos seputar gerhana matahari total, daerah gerhana matahari total, kapan terjadi gerhana matahari total, efek melihat langsung gerhana matahari total

No comments:

Powered by Blogger.