Header Ads


Tidore Kepulauan

Kota Tidore Kepulauan merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Tidore sudah terkenal sejak zaman penjajahan dahulu karena cengkeh dan pala. Bangsa Eropa telah tertarik untuk datang ke Maluku Utara dan pertama kali datang menginjakkan kakinya di Tidore adalah pelaut dari Spanyol  sampai ke Tidore sekitar tahun 1512.

Kota ini juga sempat menjadi ibukota provinsi perjuangan Irian Barat. Gubernur pertamanya adalah Zainal Abidin Syah yang juga Sultan Tidore. Setelah Papua masuk ke wilayah Republik Indonesia, statusnya berubah menjadi ibukota daerah administratif Halmahera tengah dengan ibukota Soa Sio Tidore.  Pada tahun 2003 secara administratif  Tidore menjadi kota dengan nomenklaturnya Kota Tidore Kepulauan.

Zaman keemasan Kesultanan Tidore wilayahnya terbentang luas, sebagian besar Maluku hingga ke timur, wilayah Papua. Selaian itu Tidore kaya akan peninggalan sejarah dan budaya. Obyek wisata bahari juga tersedia.

Tidore tidak memiliki bandara  untuk menuju Tidore perjalanan menyebrang laut melalui pelabuhan Bastiong, di pelabuhan Bastiong tersedia dua angkutan laut menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore yaitu feri dan speed boat.


Tarif feri untuk penumpang sekitar  Rp 6.000 dan mobil Rp 66.000. lama penyeberangan sekitar 30 menit. Sementara menggunakan speed boat tarif per orang Rp 10.000. Atau Anda bisa mencarter speed boat lama penyeberangan cuma 5 menit saja.

Dari Pelabuhan Rum, terdapat  angkutan kota dengan tarif Rp 9.000 menuju kota Soasio, ibu kota Tidore Kepulauan.  Lama perjalanan sekitar 30 menit. Menuju Kota Soasio, Anda akan melewati pesisir pantai dengan pemandangan yang indah serta melihat Pulau Maitara dan Gunung Gamalama di Ternate.

Selama berada di Soasio, lebih mudah menggunakan bentor atau becak motor, tarifnya sekitar Rp 4.000. Berikut ini foto- foto  seputar kota Tidore Kepulauan :
 

 
 



realted post  : cengkeh tidore, sultan tidore, wilayah tidore,kesenian tidore, satker tidore,bupati tidore, sejarah tidore,silsilah sultan tidore,wisata tidore,,  maluku
ternate tidore kerajaan,peninggalan kerajaan ternate dan tidore,kerajaan tidore,makalah kerajaan ternate dan tidore,sumber sejarah kerajaan ternate tidore
kerajaan ternate dan tidore ,kehidupan politik kerajaan ternate dan tidore,kemunduran kerajaan ternate dan tidore




No comments:

Powered by Blogger.