Header Ads

Tips agar anak tidak mudah Sakit Gigi walaupun sering makan yang manis

Melihat anak anda  meringis sakit gigi tentunya tidak diinginkan semua orang tua, masalah kesehatan gigi sesuatu yang sering dialami  anak-anak. Namun, terkadang namanya anak kecil susah untuk dilarang makan banyak permen atau cokelat sebab makanan tersebut merupakan makanan favorit anak-anak.

Menghadapi kondisi tersebut tentunya bukan berarti para orang tua menyerah begitu saja  hingga membiarkan gigi si kecil rusak atau sakit. Ada beberapa tips yang harus dibiasakan pada anak - anak untuk menjaga kesehatan gigi mereka, seperti :
  • Minimal suruh anak berkumur sehabis makan permen atau cokelat. 
  • Ajari juga mereka menyikat gigi sedini mungkin bahkan sejak bayi dengan melatih membersihkan gusinya sesudah menyusu.
  • Sebaiknya  menyarankan anak-anak untuk minum susu segar. Sebab susu bubuk bisa saja mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.
  • Penggunaan dot pun sebaiknya dihentikan saat anak berusia 5-6 tahun. Saat anak usia 5-6 tahun, anak mulai bisa dilatih minum susu melalui gelas. 
  • Orang tua menghimbau anak anak  untuk menanamkan kebersihan gigi dan mulut pada anak sejak kecil dengan cara melatih anak gosok gigi dua kali sehari di waktu yang tepat (sesudah makan pagi dan sebelum tidur), menanamkan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, serta tak lupa kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali.
  • Orang tua juga harus beri contoh menghindari  makanan manis sebisa mungkin atau  dibatasi, ganti dengan makanan lain.
(detik.com ,Dr Terry saat di SMG The Dental Studio, Singapura, dan ditulis pada Sabtu (22/11/2014)

No comments:

Powered by Blogger.