Header Ads

Beberapa cara atasi Penyakit Mata ikan di kaki

Penyakit mata ikan merupakan penyakit yang menyerang kulit manusia terutama sering menyerang pada bagian kaki, terkadang juga muncul di tangan dan jari jemari. Penyakit yang  dalam istilah kedokterannya disebut Clavus / Plantar Wart ini sering dianggap atau terkesan penyakit kampungan sehingga beberapa penderita mata ikan malu untuk bercerita tentang penyakitnya ini  padahal jika tidak segera ditangani akan membesar dan membuat orang  yang mengidapnya  akan semakin menderita. 

Ciri - ciri kemunculan penyakit mata ikan adalah terjadinya  penebalan kulit biasanya ini karena sekitar kulit tersebut sering terjadi tekanan atau gesekan benda keras, selain itu kulit pada daerah yang sama  selalu lembab membuat kuli menjadi keras, walaupun pada awalnya penebalan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit, namun jika bertambah luas akan mengakibatkan radang atau nyeri.

Bentuk penyakit mata ikan menonjol ke dalam kulit dan ditengahnya seperti memiliki inti sekilas tampak mirip mata ikana pabila disentuh terasa perih atau sakit.  Penyakit ini  umumnya muncul di bagian telapak kaki dan di daerah sekitar tumit. Tentunya jika terjangkiti penyakit mata ikan ini membuat Anda merasa tidak nyaman dalam keseharian.

Sebelum pergi ke dokter ada baiknya mengatasi atau mencegah penyakit mata ikan sendiri terlebih dahulu, Beberapa cara yang alami secara tradisional untuk mengatasi  menggunakan :
  • Bawang Putih, cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan mata ikan di kaki. Caranya potong bawang putih segar dan gosokkan pada mata ikan selama satu menit, bisa juga dengan  menutupi mata ikan dengan perban yang diisi dengan bawang putih yang telah ditumbuk.
  • Menggunakan getah kamboja secukupnya, caranya teteskan getah kamboja pada kulit yang menebal  atau mata ikan, lakukan setiap hari sampai benar - benar sembuh.
  • Buah pepaya muda, potong buah pepaya muda secukupnya, oleskan getah pepaya muda pada bagian kulit yang menebal, lakukan setiap hari sampai benar-benar sembuh. Cara lain,  oleskan setengah sendok teh jus pepaya mentah memakai bola kapas pada bagian mata ikan.
  • Menggunakan cuka sari apel, ini digunakan untuk melembutkan bahkan melenyapkan mata ikan di kaki, caranya rendamlah bagian yang  terkena mata ikan dalam larutan berisi cuka sari apel kurang lebih 25 menit, gosok dengan batu apung dan kemudian bungkus dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel, kurang lebih dalam waktu seminggu akan tampak perbedaannya.
  • Memakai Air lemon paling sedikit tiga kali dalam sehari,cara ini akan membantu melembutkan mata ikan menjadikannya mudah untuk digosok dengan batu apung.
Beberapa cara lain  dapat menggunakan obat-obatan herbal cina yang dapat di beli di toko obat cina, biasanya berbentuk plester cina dan bisa berbentuk lainnya, mengenai cara penggunaanya dapat dilihat di kotak / box obat yang tertera.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi mata ikan di kaki. Sebaiknya jika cara diatas belum berhasil segera ke dokter untuk dilakukan tindakan lebih lanjut oleh dokter,. semoga cepat sembuh.

No comments:

Powered by Blogger.