Header Ads

Asal muasal ketupat sebagai hidangan saat Lebaran

Telah menjadi tradisi setiap lebaran ketupat menjadi menu hidangan favorit yang disanding dengan opor ayam pelengkapnya. Hal tersebut lah karena sudah menjadi makanan turun-temurun, membuat ketupat identik dengan Lebaran.

Menurut informasi yang ada dibeberapa situs,  masyarakat di pulau jawa telah mengenal ketupat sejak masa  penyebaran Islam di tanah Jawa sekitar tahun 1400-an, saat itu dipelopori pertama kali oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga seorang ulama yang menyebarkan agama melalui kesenian dan merupakan satu dari sembilan sunan yang menyebarkan Islam di Jawa.

Menikmati ketupat dikenalkan oleh Sunan Kalijaga ke masyarakat Jawa melalui dua kali perayaan saat Lebaran dan seminggu sesudah Lebaran. Mulai sejak itu masyarakat di sekitar Kudus dan Demak, mempunyai tradisi sebelum Lebaran selalu menganyam ketupat di rumah mereka masing-masing.


Sampai sekarang, hampir di sebagian besar masyarakat muslim yang ada di Indonesia membuat ketupat untuk dinikmati saat - saat perayaan lebaran selalu ada di tiap - tiap rumah.

No comments:

Powered by Blogger.