Header Ads

Saran - Saran untuk persiapan mudik lebaran

Menjelang lebaran tentunya  banyak yang perlu dipersiapkan termasuk persiapan mudik alias pulang kampung. Bahkan banyak orang sudah jauh  jauh hari mempersiapkan diri untuk mudik, seperti memesan tiket sebulan sebelum lebaran tiba, karena biasanya sebulan sebelum lebaranpun tiket angkutan umum sudah habis diborong para pemudik, nah bisa dibayangkan kalau sudah kondisi seperti ini.

Selain mudik dengan angkutan umum, banyak orang memilih untuk mudik dengan kendaraan sendiri, karena menurut mereka ini lebih bebas dalam memilih waktu dan kenyamanan dalam perjalanan mudik.
Persiapan  yang cermat tentu sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan mudik, apalagi mengingat arus mudik lebaran yang pastinya akan sangat padat. Jadi jauh hari mesti dipersiapkan segala sesuatu  agar nantinya mudiknya lancar selamat sampai tujuan dan sampai kembali nantinya.

Berikut dibawah ini beberapa saran - saran persiapan untuk mudik yang mungkin bisa membantu, saat pulang kampung lebaran nanti.

1. Persiapkan fisik dan stamina tubuh anda

Saat perjalanan mudik nanti tentu memerlukan stamina tubuh yang kuat dan sehat, terlebih lagi saat anda menemupuh perjalanan yang jauh sehingga menghabiskan waktu dan tenaga yang banyak di jalan. Oleh sebab itu  pastikan kondisi stamina tubuh anda tetp bugar, sehingga terhindar terhindar dari sakit saat dalam perjalanan mudik.

2. Pilihlah waktu yang tepat untuk mudik.

Pemilihan waktu yang tepat saat berangkat ini bisa  menghindari anda dari situasi kemacetan yang menjebak. Disarankan agar mudik lebih lancar, hindari waktu-waktu puncak mudik ini bisa didapat dari informasi seputar mudik dari berbagai media televisi, radio maupun internet.
 
3. Persiapkan daftar barang bawaan dan perbekalaan mudik dengan baik

Sebaiknya bila perlu anda membuat daftar barang-barang yang akan dibawa, daftar barang bawaan ini akan meminimalisasi kemungkinan lupa atau nanti tercecer dijalan atau saat istirahat dalam perjalanan. Untuk selama perjalanan,  sebaiknya juga membawaperbekalan makanan dan minuman ringan untuk keperluaan anda selama dijalan.

4. Persiapkan kendaraan yang digunakan

Kendaraan sarana yang terpenting dalam hal  lancar atau tidaknya mudik yang dilakukan karena ini tergantung pada kondisi kendaraan anda. Periksalah semua bagian kendaraan anda seperti oli, radiator, AC, ban candangan , aki, toolkit,  kotak obat - obatan dan juga tak kalah penting tentunya yaitu surat-surat kelengkapan berkendara seperti STNK, SIM.

5. Kumpulkanlah semua informasi route  mudik

Informasi ini penting untuk kelancaran dalam mudik, selalu memantau lewat media elektronik, internet, terutama jalur mudik yanag akan anda lalui, dan sebaiknya anda melengkapi dengan membawa sistem navigasi GPS atau peta mudik.

6. Saat tinggalkan rumah pastikan dalam keadaan terkunci dan aman.

Saat anda melakukan mudik, jangan lupa untuk memastikan rumah dalam keadaan terkunci, berapa hal sebelum mengunci pintu pintu rumah anda harus memastikan untuk melepas selang regulator kompor gas, semua steker listrik dan perabotan yang ada didalam rumah.  Jika ada tetangga anda tidak melakukan mudik, maka anda bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi rumah anda.

7. Waspada kejahatan saat di jalan.

Saat dalam perjalanan anda harus tetap waspada terhadap kejahatan saat mudik,  karena hal tersebut bisa saja terjadi dalam kondisi jalur mudik yang padat. usahakan jangan membawa banyak  uang tunai dan barang berharga lainnya, karena ini akan memancing dan menimbulkan resiko tidak aman selama dalam perjalanan, oleh karena itu bawalah uang tunai secukupnya, sebaiknya anda  menggunakan sarana ATM yang banyak terdapat di pinggir jalan  untuk mengambil uang saat dibutuhkan.

8. Beristirahatlah  di pos - pos mudik yang tersedia.

Jika anda lelah dan mengantuk dalam perjalanan sebaiknya segera beristirahat, disarakan untuk beristirahat di pos - pos istirahat bagi pemudik yang banyak disediakan dijalan. Sebisa mungkin jangan beristirahat di tepi jalan yang sepi dan jarang dipakai orang untuk beristirahat selama perjalanan.


9. Berdoa dan selalu komunikasi dengan keluarga di kampung salam perjalanan.

Berdoalah sebelum berangkat dan juga dalam perjalanan, untuk diberi kelancaran  kelancaran dan dilindungi dari hal-hal yang bisa mengakibatkan kerugian selama dalam perjalanan.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Powered by Blogger.