Header Ads


Masjid Kuno di Singaraja Bali

Masjid Kuno atau juga sering disebut masjid keramat ini terletak di jalan Hasanudin, keberadaan masjid keramat tidak terlepas dari sejarah masuknya Islam ke Pulau Bali bagian Utara. Masjid Keramat ini  memang tergolong salah satu masjid tua yang ada di kota Singaraja maupun di Pulau Bali. Menurut beberapa informasi bahkan Masjid kuno ini telah ada sejak tahun 1654 M.

Menurut keterangan warga dahulunya masjid ini hanya berupa bangunan kecil semacam sekat - sekat tempat Shalat yang biasa digunakan para pedagang maupun saudagar yg sedang singgah, secara posisi memang masjid ini terletak tidak jauh dari eks Pelabuhan Buleleng yang dulunya merupakan pelabuhan yang ramai di Kota Singaraja.

Saat ini Masjid keramat diseklilingnya sudah banyak pemukiman yang padat, jalan masuk untuk menuju lokasi masjidpun dari Jalan hasanudin melalui gang kecil yang hanya bisa dilalui sepeda motor.

Keberadaan masjid kuno tidak lepas dari penulisan Al-Qur'an tertua di Nusantara,  Seperti yang pernah dimuat situs BaliMuslim.com,  menurut Dr. Sugianto, seorang peneliti budaya Bali Utara dan juga penemu kitab suci Al-Qur'an tertua di Indonesia, menyatakan bahwa masjid Kuno ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam penulisan Al-Qur'an tertua di Nusantara.

Lebih lanjut ia menyatakan, besar kemungkinanan sebagian isi Al-Qur'an tertua ditulis di masjid ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan diketemukannya Al-Quran kuno beberapa puluh meter dari masjid ini.

(sumber buku :  Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia (Th. terbit 1999 Penyusun: Abdul Baqir Zain)

No comments:

Powered by Blogger.