Header Ads


Gunakan cara Belajarmu dengan efektif


1. Ciptakanlah kondisi belajar yang nyaman

Ciptakanlah  suasana belajar yang nyaman. Banyak cara untuk membuat mulai mood dalam belajar. diantaranya  : anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman seperti di taman, di sawah, di perkebunan, dan tempat lainnya

2. Usahakan untuk merangkum materi Pelajaran

Merangkum merupakan hal yang penting. Karena jika anda membaca secara menyeuruh membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. maka dengan merangkung intisari dari pelajaran tersebut bisa lebih efisien wktu dalam belajar dan juga cepat menyerap, jika  perlu catat ulang materi-materi yang anda anggap penting untuk memudahkan dalam belajar.

3. Menghafal dengan menggunakan singkatan

Menghafal dengan mengunakan singkatan nama-nama yang mudah diingat, terbukti efektif dalam  mengingat materi, karena otak sangat mudah menngingat hal yang seperti itu.

4. Belajar Bersama atau berkelompok

Metode ini terbukti efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang nyantai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran yang didiskusikan. Selain itu hal - hal yg belum di ketahui akan lebih mudah terpecahkan dengan bersama.

5. Belajar lalu dipraktekan

Belajar dengan langsung mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan oleh guru akan membuat lebih menarik dan terhidndar dari rasa bosan. contoh dalm pelajaran IPA dalam hal tumbuhan dan hewan,  belajar lalu sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun disekitar anda.dan itu sangat mengasyikan.

6. Belajar dengan memahami tidak sekedar menghafal

Umumnya seorang siswa ataupun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Memang tidak salah  hanya saja kurang efektif. Lebih efektifnya  dengan memahami teori yang ada di materi tersebut sehingga dengan sendirinya akan teringat saat ujian.

7. Belajarlah rutin dan singkat

Dengan rutin belajar, akan semakin memudahkan  untuk mengingat, asalkan rutin tiap hari tetapi tidak dalam waktu yg lama setiap belajar, ini lebih efektif dari pada harus belajar terlalu lama dengan banyak materi yang dipelajari.

No comments:

Powered by Blogger.