Header Ads

Ngantuk sehabis makan bisa karena salah konsumsi karbohidrat

Sebagian besar dari anda mungkin pernah merasakan mengantuk setelah beberapa menit menghabiskan sepiring nasi sepiring komplit dengan lauk pauknya.  Padahal seharusnya jadi lebih bertenaga. Ternyata beberapa bahan yang anda makan bisa membuat anda mengantuk setelah makan.

Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam nasi dan makanan lain tinggi gula.dapat membuat sistem pernafasan bekerja lebih cepat, bila dibandingkan dengan konsumsi protein dan lemak sehat dan ini membuat tubuh mengolah karbon dioksida dengan cepat, lewat udara yang dikeluarkan saat menghembuskan nafas. Tingginya karbon dioksida bisa membuat Anda merasa lelah dan tidak berenergi alias ngantuk.

Ini maksudnya bukan harus menghindari karbohidrat kompleks sepenuhnya, karena Anda masih membutuhkan serat, vitamin, dan mineral yang terkandung didalamnya. Untuk pilihan yang lebih sehat, makanlah karbohidrat yang bersumber dari biji-bijian, gandum, oat dan jagung.

Agar tetap berenergi, sebaiknya konsumsi makanan dalam jumlah sedikit / kecil untuk menghindari perut terlalu kenyang. Bisa juga dengan menerapkan pola makan seimbang dan sehat dengan konsumsi protein tanpa lemak, seperti dada ayam. Lemak sehat pada kacang-kacangan juga membuat tubuh berenergi. Hindari gula, garam, dan minuman berkarbonasi.

No comments:

Powered by Blogger.