Header Ads


Gelang Akar Bahar

Akar bahar (black coral) atau dalam bahasa latin Antiphates Sp, berasal dari tanaman laut yang merambat, biasanya tumbuh di atas karang. dan  bentuk akar bahar memanjang, jika dikeringkan menjadi kaku dan mengeras. Pada akar bahar yang bagus terdapat bagian keras layaknya seperti batu, bagian yang keras ini memang asli bawaan tumbuhan itu yang telah menjadi fosil dan mengeras.

Nama akar bahar berasal dari bahasa Arab dan Melayu. Bahar dalam bahasa Arab artinya laut, jadi Akar Bahar bermakna akar laut.  Akar bahar biasanya didapat dari dasar laut dengan kedalaman 600 meter.

Tumbuhan laut ini juga diyakini bukan tumbuhan biasa, karena memiliki kegunaan dan fungsi bagi yang memakainya. Konon tumbuhan akar bahar ini mampu menjaga kesehatan dan menimbulkan kekuatan tubuh bagi pemakainya. Tak hanya itu, secara fisik gelang akar bahar dapat menambah kharisma yang sangat luar biasa bagi yang memakainya. Diketahui sampai saat ini ada empat macam akar bahar :

1. Akar Bahar Hitam.
2. Akar Bahar Kelabu.
3. Akar Bahar Putih.
4. Akar Bahar Merah.

Akar bahar biasanya dibentuk menjadi sebuah gelang selain itu juga dapat dijadikan cincin ataupun pipa untuk merokok (cangklong) dan acessoris lainnya. Ada beberapa cara yang biasa dipakai untuk mengolah akar bahar untuk menjadi aksesoris, seperti : direndam air panas, digosok dengan abu rokok maupun di amplas halus untuk mengkilapkan akar, juga di bakar dengan lilin sehingga mudah untuk membentuk sebuah lingkaran tergantung dengan keinginan.

Dahulu kala mungkin hingga sekarang para Jawara terutama di daerah Betawi biasanya juga mengenakan gelang akar bahar sebagai aksesoris. Gelang akar bahar tak hanya sebagai pemanis lengan yang memakainya. Bahkan dulu, gelang akar bahar ternyata memiliki makna dan dapat memberikan tanda pada siapa yang memakainya. Bahkan selain sebagai hiasan, menurut beberapa keterangan gelang akar bahar juga dinilai sebagai benda bersejarah peninggalan budaya Betawi.



key search :
kayu uli, gelang akar bahar, khasiat akar bahar, gelang jawara, manfaat akar bahar

4 comments:

Powered by Blogger.