Header Ads

Ternyata Daun Kelor banyak manfaatnya

Pernahkan melihat tanaman yang sering disebut pohon kelor yang memiliki batang keras, diduga berasal dari Nepal dan India. Di negara kita sendiri pohon ini tumbuh di mana-mana. Daun Kelor atau nama latinnya Moringa oleifera jika dilihat sekilas mirip dengan daun katuk, bentuknya bulat dan berwarna hijau pucat menyirip ganda dengan anak daun menyirip ganjil dan helaian daunnya bulat telur. Bagi sebagian  masyarakat mempercayai daun kelor memiliki daya magis sebagai penangkal sihir dan juga di percaya melunturkan segala macam mantera atau segala macam susuk.
Menurut penelitian pakar nutrisi dan beberapa kajian ilmiah ternyata daun kelor mempunyai banyak manfaat, mungkin sebagian orang yang mengetahui manfaatnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Daun Kelor : 

  1. Daun kelor mengandung senyawa aktif dan gizi lengkap. Beberapa senyawa aktif dalam daun  kelor adalah arginin sampai , leusin, dan metionin.tubuh memang memproduksi arginin, tetapi sangat terbatas. Oleh karena itu perlu asupan dari luar seperti daun kelor sangat diperlukan.
  2. Daun kelor mengandung pterigospermin yang bersifat merangsang kulit (rubifasien) sehingga sering digunakan sebagai param yang menghangatkan dan mengobati kelemahan anggota tubuh seperti tangan atau kaki. Jika daun segarnya dilumatkan, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang lemah, maka bisa mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.
  3. Selain itu, daun kelor berkhasiat sebagai pelancar ASI. Oleh karena itu, untuk melancarkan ASI, seorang ibu menyusui dianjurkan makan dan daun kelor yang disayur dengan berbagai menu masakan. 
  4. Keunggulan daun kelor terletak pada kandungan nutrisinya yang luar biasa, terutama golongan mineral dan vitamin. Setiap 100 g daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A. Dua kali lebih tinggi dari bayam dan tigapuluh kali lebih tinggi dari buncis.
  5. Daun kelor juga tinggi kalsium, sekitar 440 mg/100 g, serta fosfor 70 mg/100 g. Aroma daun kelor agak langu, namun aroma berkurang ketika daun mudanya diolah menjadi sayur bening atau sayur bobor
  6. Manfaat lainnya dari daun kelor seperti Antimikroba, antibakteri, antiinflamasi (antiradang), infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek (HSV-1), HIV/AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, sumber nutrisi (protein dan mineral), dan tonik.
  7. Daun Kelor Jika diracik dengan benar bisa digunakan sebagai obat tradisional seperti :
    • Kurap (herpes) dan luka bernanah, cara meraciknya : Tumbuklah daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.
    • Kurang nafsu makan, epilepsi, histeri, sariawan, sulit buang air kecil, badan lemah, sakit kuning, rematik serta pegal linu, cara meraciknya :  Rebus akar daun kelor sebanyak 1 jari dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu saring dan    minum air rebusan 2 x sehari masing2  ½ gelas.
    • Biduran dan alergi : Rebus 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, serta adas dan pulasari secukupnya dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring lalu minm air rebusan dua kali sehari masing-masing satu gelas.

      Incoming search terms:
        khasiat daun kelor
        daun kelor
        kegunaan daun kelor
        daun kelor khasiat
        kandungan daun kelor
        kelor sejuta khasiat

       

               Other Post :

               * 7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara
               * Beberapa Bunga yg indah di Dunia
               * Fakta - Fakta Unik Kopi

1 comment:

  1. Satu lagi manfaat daun kelor, ngilangin susukkkk wkwkwkkwkwkk

    ReplyDelete

Powered by Blogger.