Header Ads

Mancing Ikan Marlin di Perairan Pantai Buleleng - Singaraja

Jangan pernah mengaku sebagai  pemancing sebelum dapat menaklukan Ikan Berparuh (Billfish), karena Ikan Jenis berparuh dianggap paling kuat bagi para pemancing handal. Kebanyakan dari jenis ini akan mempertontonkan atraksi yang cukup lengkap seperti menyelam, melompat, bagai menari dipermukaan air dengan perlawanan yang kuat.

Saat liburan,  pernah kawan  menaklukan Ikan Marlin atau biasa disebut Ikan Penumbuk oleh para nelayan setempat (ikan ini termasuk jenis Billfish). Dengan tehnik memancing cara tradisional  "Ngelamba" sebutan para nelayan tradisional setempat dengan cara menaruh  gulungan senar dan kail diatas gabus dengan umpan hidup seperti ikan kembung (gonggak) yang di ulur sepanjang 10-15 meter dan gabus tersebut dibiarkan mengapung mengikuti arus laut.

Seperti yang tampak dibawah ini, hasil tangkapan Marlin tersebut yang akan di lakukan timbang berat.



Ikan Marlin ini termasuk kategori jenis Black Marlin setelah ditimbang mencapai + 100 Kg.


Ikan Marlin yang tampak dalam foto ditangkap di perairan pantai utara buleleng, tepatnya 1 km dari tepi  pantai depan Perumahan Satelit Asri Singaraja sampai Pantai Pura Penimbangan. Saat penangkapan menurut keterangan cukup tangguh dengan perlawanan sampai hampir 40 menit sampai akhirnya naik ke permukaan.

hasil tangkapan dalam foto sepertinya termasuk jenis Black Marlin atau marlin hitam dalam bahasa ilmiah disebut Makaira indica. Jenis Black Marlin  memiliki tenaga, ukuran dan ketangguhan yang akan menjadi tantangan pemancing dan pernah tertangkap sampai mecapai berat 700 kg  di Cabo Blanco, Peru pada 4 Agustus 1953.

Berikut adalah foto - foto proses perlawanan Ikan Marlin :







                   Baca Juga :

   
                   * Ternyata Ikan Layaran tumbuh sangat cepat
                   * Duyung, ikan duyung atau dugong (Dugong dugon)

1 comment:

Powered by Blogger.