Header Ads


Makam Keramat Tua di Pekuburan Islam Kelurahan Kampung Baru, Singaraja, Bali

Memasuki areal pekuburan Islam di Kelurahan Kampung Baru Singaraja Bali, tampak ada satu makam yang menarik perhatian, karena bentuknya berbeda dengan makam yang lain disekitarnya. Dilihat dari bentuknya tampak makam ini telah lama keberadaannya di areal pekuburuan itu, dan ditambah lagi menurut cerita dari warga setempat termasuk salah satu kuburan tua yang berada di areal ini.

Kuburan ini disebut Kuburan Keramat oleh warga setempat, disamping karena keberadaanya sudah tua dan lama, juga sering ada cerita - cerita misteri dibalik keberadaan makam ini.


Keberadaan Kuburan Keramat ini menurut beberapa cerita warga konon adalah kuburan seorang Habib yang berasal dari daerah Betawi- Jakarta, yang pernah mendarat dan tinggal disekitar Pelabuhan Sunda kecil pada waktu itu atau Eks Pelabuhan Buleleng saat ini.
Menurut cerita sejarah bahwa dahulunya Pelabuhan Buleleng Eks Sunda Kecil itu adalah pelabuhan yang ramai disinggahi oleh kapal - kapal pedagang dari dalam dan Luar Negeri.


Makam/ Kuburan Keramat yang berada di areal Pekuburan Islam Kelurahan Kampung Baru Singaraja ini diperkirakan oleh beberapa warga telah berusia sekitar 200 tahun yang lalu bahkan bisa lebih.


Sampai sekarang belum diketahui secara pasti oleh warga setempat siapa sebenarnya yang dimakamkan di makam keramat ini. Namun menurut cerita dari warga sekitar, beberapa kali ada para ziarah yang datang menggunakan bus berasal dari Jakarta yang melakukan ziarah kubur ke Makam Keramat ini.


Secara umum tempat pemakaman ini mulai ditata rapi oleh masyarakat muslim yang ada di kelurahan kampung baru, ini tampak dari sering ada kegiatan gotong royong membersihkan area taman makam umum muslim ini.





No comments:

Powered by Blogger.