Header Ads

"Sesetan Heritage Omed-omedan" di Banjar Kaja, Kelurahan Sesetan, Denpasar, Bali

Tahun 2012 ini kembali digelar tradisi Omed - omedan 2012 oleh Banjar Kaja Kelurahan Sesetan. Atraksi unik dengan tema "Sesetan Heritage Omed-omedan 2012",  hanya  dapat dijumpai  di Banjar Kaja, Sesetan. Atraksi ini diadakan bertepatan dengan Ngembak Geni atau sehari setelah Nyepi, Sabtu (24/3) kemarin.

Omed-omedan yang unik ini menjadi sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan dan para  fotografer yang ingin mengabadikan setiap atraksi yang berlangsung.

Seperti diberitakan di balipost.com, atraksi Sesetan Heritage Omed-omedan 2012 ini juga di hadiri oleh Wakil Wali Kota I GN Jaya Negara yang tampak berbaur dengan ribuan warga untuk menyaksikan tradisi unik tersebut.

Menurut penjelasan Bendesa Pakraman Sesetan I Wayan Meganadha didampingi Ketua Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Sesetan Gde Bayu Surya Parwita mengatakan, atraksi budaya Omed-omedan merupakan warisan yang sudah dilakukan oleh masyarakat Banjar Kaja secara turun-temurun dan telah ada jauh sebelum zaman penjajahan. ''Kami bertekad terus melestarikan dan mengemas kegiatan ini secara lebih modern dalam bentuk Sesetan Heritage Omed-omedan Festival 2012. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan makna yang lebih dalam terhadap suatu kegiatan budaya dan tidak sekadar hura-hura,'' ujarnya.

Menurut Meganadha, omed-omedan sesuai kamus Bali-Indonesia memiliki kata dasar omed yang artinya tarik. Sehingga kata omed-omedan dapat diartikan tarik-menarik. Dikatakan, hal ini sangat penting diketahui karena Banjar Kaja Sesetan, menolak keras tudingan image atau kesan bahwa omed-omedan identik dengan cium-ciuman.

''Hal ini perlu dipahami bahwa masyarakat Bali tidak akan mungkin berciuman di depan umum dan hal ini tidak akan pernah terjadi dan tidak ada keinginan seperti itu. Tradisi ini hanyalah luapan kebahagian teruna-teruni pada saat melakukan omed-omedan,'' tegasnya.

            Baca Juga :

            * 10 Pantai yang mempesona Di Bali
            * 5 Tempat Belanja Oleh - oleh Paling Favorit di Bali
            * Mads Lange dan Ketenaran Pantai Kuta Bali 
            * 4 Danau yang mempesona di Bali

3 comments:

  1. uhui..asyoii... cipokan..., puas deh...
    Nice Info... salam kenal dari blogger amatir yg bermimpi jadi web master...hehe...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah menggunakan foto hasil karya saya tanpa ijin terlebih dahulu...
    Saya lihat blog ini banyak menyediakan info2.
    Namun alangkah lebih bijak kalau anda meminta ijin untuk menggunakan foto hasil

    karya orang lain terlebih dahulu.
    Bukan dengan seenaknya menggunakannya, dihilangkan watermarknya, dan di pakai di

    poster.
    Sungguh sangat disayangkan..
    Jadi saya mohon, tolong hilangkan foto saya di blog anda ini...
    Serta untuk covernya jg..

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. @Ludovick4z, Thanks untuk kunjungan dan perhatiannya, saran anda sudah kami penuhi, walaupun beberapa photo sejenis banyak terdapat diberbagai blog dan web lain, mohon maaf jika terjadi ketidaknyamanan, karena kami masih baru belajar dalam blog,tetap berkunjung ke blog kami. dan salam hangat dari JK,.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.