Header Ads

Ternyata, Sekolah Pertama di Bali berada di Singaraja

Tweede Klasse School, sekolah pertama di Bali

Sampai hari ini Singaraja masih merekam sisa-sisa kota pusat pemerintahan Sunda Kecil dan kota pusat pemerintahan di masa Belanda, seperti kantor Bupati dan bangunan-bangunan pemerintahan di sekitarnya.

Sekolah Rakyat (atau sekolah dasar) pertama di Bali didirikan tahun 1875, dikenal sebagai Tweede Klasse School, berada di timur kantor Bupati Buleleng sekarang. Sekolah itu kini bernama SDN 1 Paket Agung, enam kelas di sekolah ini yang telah berusia 125 tahun, masih berdiri tegar dengan konstruksi bangunan asli.



Sekolah ini “turut andil” dalam kelahiran Presiden Soekarno. Raden Soekemi  Sostrodihardjo (ayah Soekarno) yang ditempatkan di sini sebagai guru oleh pemerintah India-Belanda, bertemu dengan Ni Nyoman Rai Srimben (ibu Soekarno) yang rumahnya tidak jauh dari sekolah ini. Beberapa tahun lalu didirikan patung Raden Raden Soekemi Sostrodihardjo di depan sekolah itu, sayang patung tersebut tidak proporsional dari segi bentuk.





Di pusat pemerintahan Buleleng ini pula berdiri megah bangunan Hogere Middelbare School (Sekolah Menengah Atas) yang dibangun Belanda, SMA pertama di Bali, kini bernama SMAN 1 Singaraja.



Rumah-rumah tua juga masih bisa kita temui di sepanjang Jalan Ngurah Rai, merupakan deretan perumahan Belanda yang bercitra arsitektur art deco. Rumah Kamar Bola adalah salah satu yang paling bersejarah di deretan perumahan ini, kini menjadi perumahan tentara; salah peruntukan sehingga terkubur nilai kesejarahannya. Banyak bangunan bersejarah di Singaraja bernasib serupa.

oleh Sugi Lanus 
dikutip dan edit dari : Buleleng.org  

<

No comments:

Powered by Blogger.