Header Ads

Sekilas tentang Masjid Agung Jami' Singaraja

Masjid Agung Jami' Singaraja terletak di Jalan Imam Bonjol 65, Kelurahan Kampung Kajanan, Kecamatan Buleleng. Masjid ini berdiri megah dan menurut beberapa cerita tersimpan Mushaf Al Qur'an yang ditulis tangan sendiri oleh salah satu keturunan Raja Buleleng yg memeluk agama islam yaitu  A.A. Ngurah Ketut Jelantik Tjelagie. Isi dari Mushaf tidak ada perbedaan, hanya saja bagian kaligrafi berbentuk khas Hindu.

Berdirinya Masjid Agung Jami' Singaraja ini tidak lepas dari peran para Raja  Buleleng waktu itu. Salah satu bukti peran tersebut adalah, Pintu Kayu berukir warna Hijau digerbang Masjid dalam foto diatas merupakan pemberian keluarga Kerajaan di Buleleng ketika pertama kali masjid dibangun.

Masjid Agung Jami Singaraja didirikan pada tahun 1846M pada masa pemerintahan Raja Buleleng A.A. Ngurah Ketut Jelantik Polong beliau putra A.A. Panji Sakti, raja Buleleng I. Beliau seorang penganut agama Hindu Bali, maka semua pengaturan pelaksanaan diserahkan kepada saudaranya yang beragama Islam bernama A.A. Ngurah Ketut Jelantik Tjelagie dan Abdullah Maskati. Ini membuktikan bahwa toleransi antar agama telah terjalin dengan kuat dari dulunya, sampai sekarang ini.



            Baca Juga :

            * Foto - Foto Lama & Terbaru Pelabuhan Buleleng eks Sunda Kecil
            * Desa Pegayaman Desa yg Unik Di Bali "Nyama Slam"
            * Anang Dan Ashanty Makan di Warung Nasinya Bik Juk Juga (Bi' Juk)
            * Pantai Penimbangan, Tongkrongan Terfavorit Di Kota Singaraja
            * 10 Tempat yang wajib dikunjungi di Kabupaten Buleleng
            * 4 Danau yang mempesona di Bali

No comments:

Powered by Blogger.