Header Ads

Tips Sederhana Melatih kaki bergerak cepat pada Taekwondo

Latihan Taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling (pergulatan).








Beberapa tips dari kawan agar dapat bergerak lincah, terutama pada agar kaki dapat bergerak  lincah dan cepat seperti :<
  • bersepeda
  • lari
  • latihan naik turun-tangga (tangga undakan). pilih tangga yg anak tangganya  banyak, trus kamu coba lari   sekuat+secepat yg kamu bisa
  • latihan menendang dengan menggunakan beban. coba kamu cari ban motor bagian dalam, trus potong   menjadi panjang, bikin jadi 2 lembar, ikat 1 di kaki kiri kamu,trus ujungnya ikat di lantai beton.
  • ikat 1 lagi di kaki kanan kamu, ujungnya ikat lagi di lantai beton (kasih jarak antara tali 1 ama tali 2).  nah...coba kamu berdiri sampai ujung karet menegang,trus kamu latihan menendang sekuat tenaga.
  • yg terpenting di dalam taekwondo tuh adalah "refleks". kamu harus tau tendangan apa yg bakal dikeluarin   lawan dan kamu harus tau apa yg akan kamu lakukan sebelum dia ngelancarin tendangannya (apakah  mundur, bertahan, atau balas menendang). kalo kamu lengah, kamu bisa kehilangan 1 point. so, latihan yg  bagus buat ngelatih gerakan refleks adalah latihan dengan 2 orang menggunakan alat bantu latih tendang. coba suruh temen kamu pegang 2 alat bantu tendang,dan suruh dia mengeluarkan secara tiba-tiba (tanpa aba-aba). dan kamu harus bergerak cepat menendang saat teman kamu ngeluarin tu alat.
  • cara yg terakhir, sering-sering latihan sparing. ini juga ngelatih gerak refleks kamu.


            Baca Juga  :

  * Istilah - Istilah Taekwondo dan perkembangannya di Indonesia
  * Asal Muasal Becak
 

4 comments:

  1. bagaimana dengan latihan tangan biar cepat?

    ReplyDelete
  2. bagus bgt tips nya

    ReplyDelete
  3. wah itu sabam saya sabam kusuma :D :D :D

    ReplyDelete
  4. yap benar itu : Sabeum Kusuma , 2 jempol dah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.