Header Ads

Ini Dia Proses Pembuatan Kopi Luwak

Kenikamatan kopi luwak sebenarnya sudah lama dikenal, namun baru beberapa tahun ini dikenal luas di kalangan penggemar kopi dan merupakan salah satu kopi termahal yang ada. Pengolahan kopi luwak pada umumnya  sama seperti pengolahan kopi biasa, namun perbedaannya hanya pada proses fermentasi alami dalam pencernaan luwak. berikut dibawah in adalah proses pengolahan kopi luwak sampai menjadi biji kopi yang siap diolah.

Bahan dasarnya dari Buah kopi, dipilih memang benar - benar  sudah matang di pohon biasanya buah kopi sudah berwarna merah. Buah kopi matang dipohon yang sudah terkumpul, dipilih yang benar - benar sudah matang dan berwarna merah, sebab  hanya buah kopi matang yang warna merah disukai   musang (luwak) sebagai makanannya.

Buah kopi di letakan didalam kandang luwak, agar hewan luwak ini memakan buah kopi yang dihidangkan untuk makanannya. Dalam proses pencernaan luwak, buah kopi yang dicerna hanya daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk kotoran musang (feces).

Bentuk feces buah kopi yang dimakan luwak ini bijinya tetap utuh. Selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, dan jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu.

Banyak orang meyakini bawah kopi luwak memiliki cita rasa yang berbeda dengan biji kopi yang dihasilkan dari olahan yang biasa.

2 comments:

Powered by Blogger.