Header Ads

Batu Zamrud Terberat di Dunia [ Emerald Stone ]

Batu Zamrud (emerald) salah satu batu permata yang berharga merupakan batu permata atau batu mulia kelas II yang berwarna hijau sampai hijau tua, dan banyak di cari orang disamping karenan keindahannya juga menurut beberapa kepercayaan mempunyai hubungan kesakralan. Harganya pun  sangat  mahal.

Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk rapuh (7,5 dalam skala Mohs). Walaupun tergolong rapuh, Zamrud masuk sebagai golongan batu Mulia papan atas karena banyak dicari orang dan harga bisa sangat mahal ketika potongan Zamrud menjadi octogonal atau heart.
Pernah ada Batu zamrud yang terbesar di dunia dengan kadar 57.500 karat dan bobot 11,5 kilogram dilelang secara terbuka di Rumah Lelang Western Star di Kelowna, British Columbia, Kanada.seperti dikutip dari laman Daily Mail, batu permata bernama 'Teodora' yang ditambang di Brasil dan dipotong di India ini diharapkan laku terjual US$1,15 juta.



Meski demikian, masih ada keraguan dari sejumlah kalangan mengenai keaslian batu tersebut. Gemologis, Jeff Nechka mengatakan, ia tidak bisa mengkonfirmasi apakah Teodora merupakan zamrud terbesar di dunia.

      

No comments:

Powered by Blogger.