Header Ads

Ternyata Pelajaran Membatik Masuk Kurikulum Sekolah di Chicago

Sekolah-sekolah di Indonesia sejatinya jangan kalah dari sekolah luar negeri yang lebih berperan aktif dalam melestarikan budaya Indonesia seperti batik. Membaca berita bahwa  Sekolah-sekolah dasar dan menengah umum di Chicago, kota terbesar di negara bagian Illinois yang juga kota tempat kediaman Presiden Barack Obama, memasukkan pelajaran membatik dalam kurikulum pelajaran mereka.

Membaca berita tersebut diatas menjadi kebanggaan tersendiri juga. dimana batik merupakan satu diantara berbagai ragam kebudayaan – kebudayaan tradisional bangsa Indonesia yang hampir ditinggalkan masyarakat kita justru di negara lain menjadi perhatian khusus.

Menurut keterangan Konsulat Jenderal RI di Chicago, pelajaran membatik akan dimasukkan dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah Chicago Public School mulai tahun ajaran 2012. Pelajaran membuat batik tidak hanya disekolah - sekolah tapi juga akan diberikan kepada masyarakat umum Chicago Park District and Community Center.

Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Chicago, Shirley Malinton juga , menyatakan pihaknya akan memberikan pelatihan cara membuat batik bagi guru-guru seni sekolah umum di Chicago. Pelatihan diselenggarakan atas kerja sama Peace School dan Chicago Public School.

''Pelatihan yang akan dilaksanakan pada 19 November mendatang ini untuk persiapan masuknya pelajaran membatik dalam kurikulum sekolah umum Chicago tahun 2012 nanti,'' kata Shirley.

Pelatihan "Batik Workshop for Art Educators" itu akan berlangsung di Douglas Park Cultural dan Community Center, Chicago. Pelatihan akan dipandu oleh Avy Loftus yang merupakan salah seorang seniman dan pendidik asal Indonesia.


(dari beberapa sumber)

           Links terkait :

2 comments:

  1. Hmmmmm bangga atau malu lebih tepatnya ya? Tok tok tokk halooo Diknas....

    ReplyDelete
  2. Ya wajarlah, kalo di Indonesia sendiri membatik itu bisa langsung belajar sama tukang mbatik, gak usah masuk kurikulum jg gak masalah, yg penting menjaga kelestarian batik ajah,, sip dah..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.