Apa Yang Dimaksud Malware Dan Bahayanya Malware Terhadap Komputer

Malware sendiri terdiri dari dua  suku kata yaitu mailicious dan software.  Malware merupakan suatu perangkat lunak (program) yang dirancang untuk menyusup atau merusak suatu sistem komputer tanpa terlebih dahulu memberitahukan atau minta ijin pemilik nya.

Program Malware biasanya dapat menginstall sendiri tanpa diketahui. Akibat yang di timbulkan Malware biasanya dapat  mencuri data dan mengirimkannya ke pembuat malware tersebut, selain itu malware dapat membuat PC/ Komputer bekerja lebih keras sehingga dapat mengkibatkan komputer terlalu panas dan cenderung menjadi lambat, bagi pengguna internet bisa menjadikan bandwidth  internet lebih banyak di konsumsi dan mejadikan banyaknya jumlah tagihan internet,  jenis malware yg menghawatirkan  para pengguna kartu kredit atau bank online resah adalah jenis keylogger.jenis ini mampu merekam semua aktivitas jari kita pada keybord.

Jenis - jenis malware
 
Adware
Adware adalah software yang menyajikan iklan banner atau di jendela pop-up melalui sebuah bar yang muncul di layar komputer. Tempat iklan tersebut biasanya tidak dapat dihapus dan sebagai konsekuensinya selalu terlihat. Sambungan data yang memungkinkan banyak kesimpulan pada perilaku penggunaan dan bermasalah dalam hal keamanan data.

Backdoors
Backdoor dapat memperoleh akses ke komputer dengan pergi sekitar mekanisme keamanan akses komputer.
Suatu program yang sedang dilaksanakan di latar belakang umumnya memungkinkan penyerang hak hampir tak terbatas. Data pribadi pengguna dapat memata-matai dengan bantuan backdoor, tapi terutama digunakan untuk menginstal lebih lanjut virus komputer atau worm di sistem yang relevan.

Virus boot
Boot atau master boot sector dari hard drive terutama terinfeksi oleh virus boot sector. Mereka menimpa informasi penting yang diperlukan untuk sistem eksekusi. Salah satu konsekuensi canggung: sistem komputer tidak dapat diambil lagi …

Bot-Net
Bot-Net adalah koleksi software bots, yang berjalan secara otonom. A Bot-Net dapat terdiri dari kumpulan mesin retak menjalankan program (biasanya disebut sebagai worms, Trojans) di bawah komando dan pengendalian Common infrastruktur. Boot-Nets server berbagai tujuan, termasuk Denial of Service serangan, dan sebagainya, sebagian tanpa terpengaruh pengetahuan pengguna PC. Potensi utama bot-Nets adalah bahwa jaringan dapat mencapai ribuan dimensi pada komputer dan bandwidth ledakan jumlah akses internet paling konvensional.

Dialer
Sebuah dialer Programm merupakan komputer yang mengadakan sambungan ke Internet atau ke jaringan komputer lain melalui saluran telepon atau jaringan ISDN digital. Penipu menggunakan dialer untuk biaya pengguna tingkat tinggi ketika panggilan ke Internet tanpa sepengetahuan mereka.

EICAR Test File
Tes yang EICAR file adalah pola tes yang dikembangkan di Eropa Institute for Computer Antivirus Research untuk tujuan untuk menguji fungsi anti-virus program. Ini adalah file teks yang panjang adalah 68 karakter dan ekstensi file adalah “. COM” pemindai virus harus mengakui sebagai virus.

Exploit
Exploit (kerentanan) adalah sebuah program komputer atau script yang mengambil keuntungan dari bug, glitch atau kerentanan yang mengarah ke eskalasi hak istimewa atau penolakan layanan pada sistem komputer. Suatu bentuk eksploitasi misalnya adalah serangan dari Internet dengan bantuan paket data dimanipulasi. Program dapat menyusup dalam rangka untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi.

Grayware
Grayware beroperasi dengan cara yang mirip dengan malware, tetapi tidak menyebar ke pengguna secara langsung membahayakan. Ini tidak mempengaruhi fungsionalitas sistem seperti itu. Sebagian besar, informasi mengenai pola-pola penggunaan dikumpulkan untuk menjual kedua data tersebut atau untuk menempatkan iklan secara sistematis.

Hoax
Para pengguna telah mendapatkan peringatan virus dari internet selama beberapa tahun dan peringatan terhadap virus dalam jaringan lain yang seharusnya menyebar melalui email. Tanda tersebut tersebar setiap email dengan permintaan bahwa mereka harus dikirim ke tertinggi jumlah kolega dan ke pengguna lain, dalam rangka untuk memperingatkan setiap orang melawan “bahaya”.

Honeypot
Sebuah honeypot adalah sebuah layanan (program atau server), yang diinstal dalam jaringan.
Ini memiliki fungsi untuk memonitor jaringan dan untuk protokol serangan. Layanan ini tidak diketahui oleh pengguna legitime – karena alasan ini ia tidak pernah ditangani. Jika penyerang memeriksa jaringan untuk titik-titik lemah dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh sebuah Honeypot, itu adalah peringatan protocolled dan set off.

Keystroke logging
Keystroke logging adalah sebuah alat diagnostik yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang menangkap pengguna keystrokes. Hal ini dapat berguna untuk menentukan sumber kesalahan dalam sistem komputer dan kadang-kadang digunakan untuk mengukur produktivitas karyawan pada tugas-tugas administrasi tertentu. Seperti ini, rahasia dan data pribadi, seperti password atau PIN, dapat memata-matai dan dikirim ke komputer lain melalui Internet.

Macro virus
Macro virus adalah program kecil yang ditulis dalam bahasa makro aplikasi (misalnya WordBasic bawah WinWord 6,0) dan yang dapat biasanya hanya menyebar di dalam dokumen-dokumen dari aplikasi ini. Karena ini, mereka juga disebut virus dokumen. Agar aktif, mereka membutuhkan bahwa aplikasi yang terkait diaktifkan dan bahwa salah satu macro yang terinfeksi dijalankan. Tidak seperti “normal” virus, virus makro yang akibatnya tidak menyerang file executable tetapi mereka menyerang dokumen-dokumen dari host-aplikasi yang sesuai.

Polymorph virus
Polymorph virus adalah virus yang dapat menyamar. Mereka mengubah kode pemrograman mereka sendiri – dan karena itu sangat sulit untuk dideteksi.

Program virus
Sebuah virus komputer adalah sebuah program yang mampu untuk menempelkan dirinya ke program lain setelah dieksekusi dan menyebabkan infeksi. Virus memperbanyak diri tidak seperti bom logika dan Trojan. Berbeda dengan Worms, virus selalu membutuhkan sebuah program sebagai tuan rumah, di mana virus mematikan deposito nya kode. Pelaksanaan program host itu sendiri tidak berubah sebagai sebuah aturan.

Scareware
Istilah scareware mengacu pada perangkat lunak yang telah dirancang dengan maksud untuk menimbulkan kecemasan atau panik. Korban bisa ditipu dan merasa terancam dan biasanya menerima tawaran untuk membayar dan memiliki ancaman inexistent dihapus. Dalam beberapa kasus korban digoda untuk menyebabkan serangan sendiri dengan membuatnya berpikir intervensi ini akan berhasil menyingkirkan ancaman.

Script virus dan worm
Virus semacam itu sangat mudah program dan mereka dapat menyebar – jika teknologi yang diperlukan di tangan – dalam beberapa jam melalui email sekeliling dunia.

Script virus dan worm menggunakan bahasa script seperti Javascript, VBScript dll untuk menyusup dalam skrip baru lainnya atau untuk disebarkan oleh pengaktifan fungsi sistem operasi. Hal ini sering terjadi melalui email atau melalui pertukaran file (dokumen).

Sebuah cacing adalah program yang menggandakan dirinya sendiri tetapi itu tidak menginfeksi host. Cacing akibatnya bisa tidak merupakan bagian dari rangkaian program lainnya. Cacing seringkali satu-satunya kemungkinan untuk menyusup segala macam program yang merusak sistem dengan langkah-langkah keamanan terbatas.

Security Privacy Risk (SPR).
Istilah “SPR /” ( “Keamanan atau Risiko Privasi”) merujuk pada sebuah program yang dapat mengganggu keamanan sistem anda, memicu kegiatan program yang tidak Anda inginkan atau membahayakan lingkungan pribadi Anda.

Spyware
Spyware adalah program mata-mata yang disebut yang mencegat atau mengambil sebagian kontrol operasi komputer tanpa persetujuan pengguna. Spyware dirancang untuk expolit komputer yang terinfeksi untuk keuntungan komersial. Khas taktik memajukan tujuan ini meliputi pengiriman yang tidak diminta iklan pop-up. AntiVir mampu mendeteksi perangkat lunak semacam ini dengan kategori “ADSPY” atau “adware-spyware”.

Trojan horse (Trojan pendek)
Trojan cukup umum saat ini. Kita berbicara tentang program yang berpura-pura memiliki fungsi tertentu, tetapi sebenarnya mereka yang menampilkan foto setelah pelaksanaan dan melaksanakan fungsi yang berbeda, dalam banyak kasus, merusak. Trojan horse tidak dapat memperbanyak diri, yang differenciates mereka dari virus dan worm. Sebagian besar dari mereka memiliki nama yang menarik  dengan maksud untuk mendorong pengguna untuk memulai Troya. Segera setelah eksekusi mereka menjadi aktif dan dapat, misalnya, format hard drive. Sebuah pipet adalah bentuk khusus dari Trojan yang ‘turun’ virus, yaitu virus komprehensif pada sistem komputer.

Zombie
Zombie-PC adalah komputer yang terinfeksi dengan malware program dan yang memungkinkan hacker untuk penyalahgunaan komputer melalui remote control untuk tujuan kriminal. PC yang terkena, misalnya, dapat mulai Denial-of-Service-(DoS) serangan di perintah atau mengirim email spam dan phishing.

5 comments:

Powered by Blogger.