Header Ads


Hobi Mancing !! Mari Coba di Perairan Laut Bali Singaraja, Ini Nih Hasil Tangkapannya.

Memancing di laut banyak digemari,  terutama bagi penghobi mancing. Salah satu tempat mancing diBali yakni di perairan Kabupaten  Buleleng - Singaraja.  Dimana kota Singaraja  memang notebene terletak di pinggir laut.

Masyarakat Singaraja umumnya mancing dilaut dengan menggunakan sampan (perahu kecil terbuat dari kayu) contohnya sampan "Jawara Kampung" seperti gambar dibawah ini. 

  Sampan  "Jawara Kampung" 
Dengan menggunakan sampan bisa mancing di seputaran pantai dan juga agak ketengah atau di rumpon (tempat berkumpulnya ikan yang sengaja dibuat). Nah di rumpon inilah tempat (spot) mancing yang biasa didatangi para nelayan dan penghobi berat mancing.

Untuk menuju rumpon, perjalanan biasanya dilakukan sejak pukul 05.30 wita  dan  bisa lebih pagi lagi tergantung jarak rumpon yang hendak dikunjungi. Rata - rata jarak tempuh dari tepi pantai hingga ke rumpon memakan waktu  1 - 1,5 jam lamanya dengan menggunakan mesin ketinting dengan kekuatan kurang lebih  5 pk. ,

Rata - rata nelayan didaerah ini mancing dengan peralatan masih tradisional, pakai gulungan senar biasa disebut hand line dimana memancing tanpa menggunakan reel ataupun joran alias langsung dengan tangan.

Contohnya :
Tehnik memancing dengan cara "Ngelamba" = dengan cara gulungan senar dan kail dengan umpan hidup seperti ikan kembung (gonggak) di ulur sepanjang 10-15 meter lalu ditaruh/di ikat di atas gabus agar tetap mengapung., dan gabus tersebut dibiarkan terapung mengikuti arus laut. Kalau diperhatikan tehnik ini mirip kayak tehnik mancing  "Trolling" ya ,. ato perpaduan "Trolling dan ngoncer ", Ini nih hasil tangkapannya tehnik "Ngelamba" itu ini :

Dengan cara mancing "ngelamba" targetnya yaitu  ikan Marlin bisa disebut "Penumbuk",  baracuda, tengiri dan lainnya
Tehnik memancing dengan cara memakai umpan palsu berupa bulu yg diulur sejauh 10 mtr lalu ditarik tarik secara berulang dengan posisi sampan berjalan pelan, nah ini contoh hasil tangkapannya gan
Jenis ikan biasa disebut "tompek"

Gemana lumayan kan hasil tangkapannya, memancing ini membuat kita menjadi lebih fresh keesokan harinya ketika memulai aktivitas lagi, Gemana ada yang tertarik.?

No comments:

Powered by Blogger.